top of page

Popularitas Seaweed di Indonesia


Bumbu tabur rasa seaweed untuk keripik kentang
Seaweed seasoning untuk keripik kentang


Di tahun 2000 an popularitas seaweed semakin meningkat khususnya di Asia Tenggara setelah beberapa perusahaan snack di Asia menjadi pioneer dalam produksi snack seaweed. Di tahun-tahun tersebut snack seaweed diproduksi di beberapa negara yaitu Jepang, Malaysia, Singapore, Tiongkok dan Thailand. Ternyata selain sebagai bahan tambahan di masakan, seaweed juga bisa diolah menjadi snack siap makan yang sangat enak dan disukai semua orang.


Popularitas seaweed di indonesia terus meningkat, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya produk-produk yang mengandung seaweed di market; baik sebagai penambah rasa di snack, bumbu tabur atau sebagai makanan ringan itu sendiri yang siap makan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Mintel.com, pada market Indonesia di Q3 tahun 2023, total ada 91 produk baru yang menggunakan seaweed telah diluncurkan. Produk tersebut tersebar di beberapa kategori; snack, bumbu tabur (seasoning), baby food, meals, biskuit krekers (bakery) dst. Sementara di tahun 2022 total sebanyak 74 produk makanan yang mengandung seaweed telah diluncurkan.


Diagram produk makanan dengan rasa seaweed
Diagram produk makanan dengan rasa seaweed

Sumber: Mintel.com


Pada industri horeca (Hotel Restaurant and Cafe), bumbu rasa seaweed juga populer digunakan. Misalnya pada street food ayam gunting krispi, bumbu rasa seaweed umum digunakan selain bumbu rasa sapi panggang BBQ dan Balado. Adanya peningkatan jumlah produk baru yang diluncurkan ini, sedikit menggambarkan bahwa penerimaan masyarakat indonesia terhadap produk makanan yang mengandung seaweed sangat baik. Ini juga bisa menggambarkan permintaan bahan baku seaweed di Indonesia juga meningkat setiap tahunnya.


Secara alami seaweed mengandung senyawa glutamic acid, suatu senyawa yang berperan dalam rasa gurih atau umami. Orang yang pertama kali menemukan senyawa tersebut adalah Kikunae Ikeda, seorang ahli kimia asal Jepang. Ikeda berhasil mengekstrak senyawa tersebut dari hasil penelitiannya terhadap Kelp, salah satu jenis seaweed di tahun 1908. Seaweed memiliki aroma yang khas seperti fishy, crustacea, dan aroma khas laut serta mengesankan rasa gurih. Hal tersebut yang diduga menjadi sebab orang Indonesia menyukai makanan yang mengandung seaweed. Bahkan hampir semua orang di seluruh dunia suka dengan rasa seaweed.


NP Foods Indonesia juga terus berinovasi mengembangkan varian Seaweed Seasoning yang cocok untuk aplikasi ke produk makanan olahan; snack, mi instan, bakery dll. NP Foods Indonesia terus berkomitmen bersama pelaku industri makanan, memproduksi seasoning yang sesuai dengan standar BPOM dan menjadi yang terdepan sebagai partner terpercaya pelaku Industri makanan.




Daftar Pustaka :

  1. Umami information center (n.d). Kikunae Ikeda’s Background. https://www.umamiinfo.com/ikedakikunae/

  2. Mintel.com (diakses pada 29 September 2023)

コメント


bottom of page