top of page

Korean Hype Seasoning



Fenomena Korea Hallyu atau dikenal dengan K-Pop, secara konsisten menyebar di Negara-negara Asia Tenggara sejak akhir tahun 90-an. Melalui globalisasi, Korea menyebarkan pengaruh budayanya di wilayah Asia tenggara hingga Indonesia sejak tahun 1999. Kini penyebaran kultur budaya Korea masih terus menyebar hingga ke seluruh dunia melalui masifnya produk-produk entertainment yang Korea hasilkan.

Penyebaran budaya Korea tidak hanya melalui drama, acara TV, reality show, dan musik tapi juga ditemukan di produk-produk kosmetik, kuliner dan pariwisata. Salah satu trik jitu kenapa penyebaran budaya Korea bisa berhasil karena mereka apik menonjolkan salah satu budaya di setiap film mereka misalnya kuliner, biasanya ada beberapa adegan dimana dalam satu scene menampilkan makanan khas Korea. Hal tersebut sangat efektif dan membuat kuliner Korea semakin terkenal. Tak jarang penonton jadi dibuat penasaran dan ingin mencicipi makanan korea untuk sekedar merasakan sensasi seperti di adegan film. Di Indonesia tren Korea menyebabkan menjamurnya restoran-restoran Korea. Tentunya dengan cita rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia.

Data survey menunjukkan popularitas Korea meningkat di Indonesia terutama di generasi Muda. Data dari Snapcart TASC online survey menampilkan sebanyak 85% responden menikmati produk budaya korea dan hiburannya. Menjamurnya restoran-restoran korea di Indonesia juga menstimulasi munculnya produk-produk makanan ringan dengan rasa kuliner Korea.

Berikut beberapa kuliner korea yang cocok diadaptasi sebagai bumbu makanan ringan di Indonesia:

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran sawi putih, lobak, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, pasta cabai (Gochujang), kecap ikan, tepung beras,gula, garam dll. Karakter pedas, asam segar mudah beradaptasi di lidah orang Indonesia, karena kita juga mengenal asinan. Popularitas kimchi semakin meningkat dengan ditunjukkan banyaknya produk-produk kimchi kemasan dan beberapa influencer juga berlomba-lomba membuat kimchi dengan citarasa lokal.

2. Tteokbokki

Panganan satu ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti stik. Karakter kenyal dipadukan dengan saus pedas korea, oden, bakso ikan dll membuat air liur terasa menetes. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan produk-produk Tteokbokki instan di supermarket.

3. Bulgogi

Makanan olahan daging sapi yang dimasak dengan bumbu campuran kecap asin, bawang putih, minyak wijen, lada bubuk, jahe, bawang Bombay, gula, garam dll. Karakter bulgogi yang unik karena adanya wijen. Rasa bulgogi juga mulai dipakai di beberapa produk makanan ringan dan mi instan.

4. Fried Chicken Korea

Mirip dengan Ayam Goreng Krispi di pasaran tapi bedanya, yang unik dari Ayam Goreng Korea adalah dipping sauce. Setelah proses penggorengan ayam goreng disiram saus pedas ala korea yang menambah citarasa. Karakter pedas, manis, gurih dan dilengkapi taburan biji wijen sangat cocok dengan lidah Indonesia.

5. Sundubu Jiggae

Dipopulerkan salah satunya melalui film Itaewon Class di tahun 2020, Sundubu Jiggae adalah sup tahu khas Korea yang terbuat dari campuran kimchi, kecap ikan, bawang putih, daun bawang dll.

Mengikuti tren yang ada, NP Foods Indonesia terus berinovasi dengan mengembangkan macam-macam bumbu cita rasa Korea yang bisa diaplikasikan ke makanan ringan dan mi instan. Selain itu NP Food Indonesia juga berkomitmen untuk memproduksi dan mendistribusikan produk seasoning yang sesuai standar BPOM Indonesia sebagai bentuk kepatuhan kepada peraturan yang berlaku di NKRI dan kepedulian kepada masyarakat luas terhadap apa yang mereka konsumsi.



Daftar Pustaka:

K-everything : Indonesia consumption of Korean culture and entertainment, 2022 <https://snapcart.global/article- k-everything-indonesian-consumption-of-korean-culture-and-entertainment/> (diakses 26 Juni 2023)



Comments


bottom of page