top of page

Ramen, Kuliner Jepang yang Semakin Populer di Indonesia.


Ramen Tori Paitan yang sangat lezat

Jumlah restoran bertema Jepang di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dilansir dari Tripadvisor, terdapat kurang lebih 867 outlet restoran yang menjual kuliner jepang di Jakarta di tahun 2023. Di kota lainnya misal di Bandung, ada sekitar 111 restoran. Belum lagi di kota-kota besar lainnya. Jika diprediksi mungkin ada lebih dari 1000 restoran bertema Jepang di Indonesia. Restoran-restoran Jepang tersebut bisa dengan mudah ditemui di Mall atau pinggir jalan utama kota.


Selain kuliner Jepang restoran-restoran tersebut menjual menu Ramen; kuliner Jepang yang Semakin Populer di Indonesia. Data yang kami peroleh terdapat kurang lebih ada 10 brand restoran yang menjual menu ramen. Jika ditotal ada 600 outlet yang tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia. Tori paitan ramen, Miso, dan Shoyu Ramen adalah tiga menu yang umum ditemukan di masing-masing brand tersebut. Namun jika dicek lagi ketiga Jenis ramen tersebut sudah dimodifikasi bahan bakunya agar bisa diterima lidah masyarakat Indonesia.


Tahukah Sobat NP, apa itu Tori Paitan, Miso dan Shoyu? Dilansir dari pelbagai sumber berikut penjelasannya ya :


Tori Paitan adalah kaldu ayam creamy dan kuat rasanya yang dibuat dengan merebus daging dan tulang ayam dan rempah-rempah seperti bawang bombay, daun bawang, dan sayuran wortel selama beberapa jam sampai keluar sari kolagen dan sumsumnya.


Miso adalah pasta hasil fermentasi dari kedelai dan garam. Rasa miso biasanya asin, beraroma fermentasi dan memiliki tekstur lembut. Untuk membuat kuah ramen Miso jika mengacu ke rasa originalnya di Jepang sbb : pasta miso dicampur dengan garam, pasta wijen, minyak wijen, dan sake sehingga menghasilkan kaldu miso yang lebih kaya rasa. Untuk ramen rasa Miso yang ada di indonesia sudah dimodifikasi agar bisa lebih diterima penduduk Indonesia.


Shoyu pada beberapa brand restoran kaldu ini terbuat dari paduan kecap asin Jepang dan Kaldu. Biasanya kaldu yang dipakai adalah kaldu ayam sehingga menjadi Shoyu Paitan. Namun jika mengacu ke rasa originalnya di Jepang, Shoyu terbuat dari kecap asin sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan sake, mirin, gula aren, bawang putih dan jahe. Bahan-bahan tersebut menghasilkan rasa yang kompleks ada asam, manis dan beraroma khas bawang putih dan jahe.


Sebetulnya ada jenis kaldu ramen lainnya yaitu Tonkotsu, namun karena bahan baku utamanya terbuat dari rebusan daging babi, tonkotsu ramen kurang begitu populer di Indonesia. Hanya ada beberapa restoran Ramen di kota besar yang menjual menu ini karena pasarnya memang tidak sebesar ramen lainnya.


Nah ketiga jenis kaldu ramen di atas (Tori Paitan, Miso dan Shoyu) adalah varian Ramen yang umum di Indonesia karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim sehingga dari sisi bahan baku lebih mudah untuk sertifikasi Halalnya.


Popularitas Ramen memang tinggi di Indonesia. Makanan yang bisa dimakan untuk semua kalangan usia; anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Selain Ramen kira-kira kuliner Jepang apalagi ya yang terkenal di Indonesia?


NP Foods Indonesia memiliki RnD Expert asli Orang Jepang yang ahli dalam membuat Seasoning rasa khas Jepang. Kami siap membantu mengembangkan varian bumbu otentik khas jepang yang bisa diaplikasi untuk noodle, cemilan snack, dan jajanan khas jepang seperti takoyaki, okonomiyaki, dan Oden. Kami juga berkomitmen untuk memproduksi produk yang jelas status kehalalannya, mengingat kami juga sudah mendapat Sertifikasi Halal SJH dari MUI dan Kementerian Agama RI sejak berdirinya Np Foods Indonesia.


Selain produk yang halal, NP Food Indonesia juga berkomitmen untuk memproduksi dan mendistribusikan produk seasoning yang sesuai standar BPOM Indonesia sebagai bentuk kepatuhan kepada peraturan yang berlaku di NKRI dan kepedulian kepada masyarakat luas terhadap apa yang mereka konsumsi.



Daftar Pustaka :


  1. Restaurants in Jakarta. 2023. <https://www.tripadvisor.com/FindRestaurants?geo=294229&cuisines=5473&establishmentTypes=10591&broadened=true >(diakses tanggal 26 Nov 2023)

  2. Imatome-Yun, N & Donovan Robin. 2019. Ramen Obsession: The Ultimate Bible for Mastering Japanese Ramen. California; Rockridge Press.

bottom of page